Sikat dan Pasta Gigi yang Baik

Mungkin kita tidak pernah memperhatikan sikat gigi dan pasta gi yang kita beli. Dipikiran kita mungkin yang mahal adalah sikat dan pasta gigi yang paling bagus. Padahal, sangat penting untuk bijak dalam memilih sikat dan pasta gigi yang akan kita beli demi kesehatan gigi kita. Beikut ini mungkin beberapa pertimbangan dalam memilih sikat dan pasta gigi yang baik bagi kesehatan gigi kita.

Sikat gigi

Pilihlah sikat gigi berbulu lembut dengan kepala kecil yang bisa mencapai tempat-tempat yang sulit, khususnya ruang antar gigi.
Jangan membeli sikat berbulu kaku karena akan terlalu keras untuk gigi dan gusi Anda.
Jangan ragu untuk mengganti sikat gigi Anda yang sudah tidak rapi bulu-bulunya, paling tidak setiap tiga bulan sekali.
Kepala dan rambut dari sikat gigi adalah bagian terpenting. Bentuk gagang atau pegangan sikat gigi tidak mempengaruhi kualitas menyikat. Namun, gagang harus cukup kaku untuk mengendalikan semua gerakan sikat gigi.

Pasta gigi

Ada pasta gigi yang mengandung fluoride dan ada yang tidak. Mana yang harus dipilih?
Untuk anak berusia di bawah tiga tahun, gunakan pasta gigi tanpa fluoride agar tidak membahayakan bila tertelan. Bantulah juga anak Anda untuk menyikat giginya.
Untuk anak berusia antara 3 sampai 6 tahun, jumlah fluoride pasta gigi harus disesuaikan dengan usianya, yaitu 250-600 ppm (bagian per juta).
Dari usia 6 tahun, pasta gigi keluarga dapat digunakan (berkadar fluoride 1000-1500 ppm).

Tiga indikator

Jika bulu sikat gigi sudah tidak beraturan setelah sepuluh hari pemakaian, berarti Anda menyikat gigi terlalu kuat! Jangan menggosok terlalu keras!
Sebaliknya, jika sikat gigi masih tampak baru setelah 4 bulan pemakaian, berarti Anda tidak menyikat gigi cukup sering atau terlalu berhati-hati.
Setelah menyikat gigi, lihatlah hasilnya. Jika Anda masih melihat plak (endapan putih), ulangi menggosok gigi dengan lembut di bagian yang masih kotor.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar